Senin, 27 September 2010

KOREKSI ANTAR TEMAN

Dalam PTK yang pernah saya lakukan, saya menggunakan model koreksi antar teman untuk mengoreksi kerja siswa. Koreksi antar teman dilakukan di dalam kelas terhadap tes yang telah dikerjakan oleh siswa. Siswa yang mengoreksi memberi tanda atau hasil koreksi di kertas tes siswa. Setelah koreksi dilakukan, kertas tes itu dikembalikan pada siswa pemiliki (temannya). Kemudian kedua siswa berdiskusi mengenai hasil koreksi.
Dari kegiatan itu, diharapkan siswa mendapat masukan atas tes yang dikerjakan terutama mengenai kesalahan yang dibuat. Memang hal itu tidak menjamin bahwa apa yang didiskusikan benar. Dalam hal ini yang diharapkan adalah jalan komunikasi ilmu yang lebih mudah dibanding dengan komunikasi siswa dengan guru, dengan anggapan sebelumnya bahwa komunikasi antar teman umumnya lebih mudah terjadi.
Setelah mereka berdiskusi, saya memberikan penjelasan mengenai hasil dari tes. Akan tetapi sebelumnya kertas tes dikumpulkan. Dari hasil tes itu saya dapat melihat seberapa jauh mereka mengerti apa yang dibicarakan berdasarkan hasil diskusi. Apabila dirasa banyak pemahaman yang salah, berdasarkan hasil tes itu, kita diwajibkan untuk memberi penjelasan ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar