Kamis, 23 September 2010

Kaji Tindak

Kaji tindak merupakan istilah yang saya dapat ketika saya menjalani pendidikan pengajaran bahasa Inggris saya di salah satu universitas di Depok. Istilah ini didapat sebagai terjemahan kata action research yang merupakan istilah untuk kegiatan penelitian di dalam kelas. Kegiatan penelitian di dalam kelas mengikuti silabus yang dimiliki oleh seorang pengajaran sehingga tidak mengubah kegiatan pengajaran secara keseluruhan.
Kegiatan kaji tindak tidak menghasilkan teori atau konsep yang berlaku umum, tetapi kaji tindak menghasilkan solusi dari sebuah masalah yang dihadapi seorang guru di dalam kelas, sehingga siswa didik memiliki kemajuan dalam belajar di dalam kelas.
Di dalam lingkup pengajaran di tempat saya mengajar istilah kaji tindak disejajarkan dengan Penelitian Tindakan Kelas. Bagi saya kedua istilah ini memiliki makna yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar